Pengelolaan Keuangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Penerima Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro (Studi pada Nasabah Bank X Malang)
Abstract
Masalah permodalan menjadi masalah yang patut diperhatikan bagi UMKM. Kredit
Usaha Rakyat (KUR) merupakan salah satu solusi atas masalah permodalan yang dihadapi
UMKM. UMKM yang memiliki pengelolaan keuangan yang baik dapat menjadikan dana
KUR yang diterimanya menjadi instrumen untuk pengembangan usaha tanpa mengalami
masalah pembayaran kredit macet terhadap pihak penyalur KUR. UMKM yang tidak
memiliki pengelolaan keuangan yang baik akan akan mengakibatkan beberapa masalah
pembayaran kredit yang disebut kredit macet pada bank pemberi KUR.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pengelolaan keuangan dengan
membandingkan penerapan pada UMKM penerima KUR yang memiliki riwayat pembayaran
kredit yang baik dan UMKM penerima KUR yang memiliki riwayat pembayaran kredit yang
tergolong kedalam daftar kolektibilitas pada nasabah Bank X Malang. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif, adapun jenis penelitian kualititatif yang dipakai adalah studi
kasus observasi, dimana yang lebih ditekankan adalah kemampuan peneliti dalam
menggunakan teknik observasi dalam kegiatan penelitian.
Adapun hasil penelitian selama periode penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut.
Pertama, UMKM penerima KUR yang memiliki riwayat pembayaran kredit yang baik
menerapkan pengelolaan keuangan dengan baik dan disiplin, selain itu pemilik dapat
memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan usaha. Kedua, UMKM penerima KUR yang
memiliki riwayat pembayaran kredit yang tergolong kedalam daftar kolektibilitas NPL
menerapkan pengelolaan keuangan secara kurang baik. Ketiga, Kendala yang dihadapi adalah
ketidakpahaman pelaku UMKM terhadap tata cara pengelolaan keuangan yang disampaikan
oleh pihak penyalur KUR dan memiliki asumsi bahwa penelolaan keuangan adalah sesuatu
yang rumit. Keempat, Langkah-langkah yang ditempuh pihak penerima KUR adalah mecoba
menginformasikan kendala tersebut kepada mantri kredit dan mengidentifikasi kekurangan
dengan harapan dapat diperbaiki. Kelima, Langkah-langkah yang ditempuh pihak penyalur
KUR adalah mengidentifikasi materi yang dibutuhkan UMKM agar pembinaan sesuai dengan
nasabah penerima KUR.
Kata Kunci : Pengelolaan Keuangan, UMKM, KUR Mikro.
Usaha Rakyat (KUR) merupakan salah satu solusi atas masalah permodalan yang dihadapi
UMKM. UMKM yang memiliki pengelolaan keuangan yang baik dapat menjadikan dana
KUR yang diterimanya menjadi instrumen untuk pengembangan usaha tanpa mengalami
masalah pembayaran kredit macet terhadap pihak penyalur KUR. UMKM yang tidak
memiliki pengelolaan keuangan yang baik akan akan mengakibatkan beberapa masalah
pembayaran kredit yang disebut kredit macet pada bank pemberi KUR.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pengelolaan keuangan dengan
membandingkan penerapan pada UMKM penerima KUR yang memiliki riwayat pembayaran
kredit yang baik dan UMKM penerima KUR yang memiliki riwayat pembayaran kredit yang
tergolong kedalam daftar kolektibilitas pada nasabah Bank X Malang. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif, adapun jenis penelitian kualititatif yang dipakai adalah studi
kasus observasi, dimana yang lebih ditekankan adalah kemampuan peneliti dalam
menggunakan teknik observasi dalam kegiatan penelitian.
Adapun hasil penelitian selama periode penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut.
Pertama, UMKM penerima KUR yang memiliki riwayat pembayaran kredit yang baik
menerapkan pengelolaan keuangan dengan baik dan disiplin, selain itu pemilik dapat
memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan usaha. Kedua, UMKM penerima KUR yang
memiliki riwayat pembayaran kredit yang tergolong kedalam daftar kolektibilitas NPL
menerapkan pengelolaan keuangan secara kurang baik. Ketiga, Kendala yang dihadapi adalah
ketidakpahaman pelaku UMKM terhadap tata cara pengelolaan keuangan yang disampaikan
oleh pihak penyalur KUR dan memiliki asumsi bahwa penelolaan keuangan adalah sesuatu
yang rumit. Keempat, Langkah-langkah yang ditempuh pihak penerima KUR adalah mecoba
menginformasikan kendala tersebut kepada mantri kredit dan mengidentifikasi kekurangan
dengan harapan dapat diperbaiki. Kelima, Langkah-langkah yang ditempuh pihak penyalur
KUR adalah mengidentifikasi materi yang dibutuhkan UMKM agar pembinaan sesuai dengan
nasabah penerima KUR.
Kata Kunci : Pengelolaan Keuangan, UMKM, KUR Mikro.
Refbacks
- There are currently no refbacks.