IMPLEMENTASI CREATING SHARED VALUE PADA PT. NESTLE INDONESIA

Syahierdian Wirdamawika Ramadhanny

Abstract


Penelitian ini dilakukan di PT. Nestle Indonesia dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk dari Creating Shared Value, indikator-indikator yang diungkapkan sesuai dengan pedoman pelaporan Corporate Social Responsibility, implementasinya dari segi ekonomi, sosial dan lingkungan dan alokasi dana untuk program CSV yang telah ditetapkan dasar-dasarnya sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan observasi dan wawancara langsung terhadap pengungkapan sosial yang ada pada laporan tahunan perusahaan. Kemudian data-data yang diperoleh dipelajari dan disusun sehingga dapat dipergunakan sebagai dasar dalam pembahasan dan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan indikator-indikator dari laporan Creating Shared Value yang diungkapkan sesuai dengan pedoman pelaporan dari GRI G3, mulai dari indikator profil perusahaan dan indikator kinerja pelaporan CSV. Analisa program Gizi, Air dan Pembangunan Pedesaan pada laporan CSV dari aspek ekonomi, sosial dan lingkungan. Terakhir adalah penentuan alokasi dana untuk program CSV yang dikeluarkan oleh perusahaan sesuai dengan Undang-Undang Perseroan Terbatas no.40 tahun 2007 dan Peraturan Menteri Negara BUMN no.Per-05/MBU/2007.

Kata kunci      : tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), pengungkapan, penerapan perusahaan, nilai perusahaan, Global Reporting Initiative versi 3 (GRI G3)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.