Pengaruh Budaya Organisasi dan Komunikasi Terhadap Kinerja (Studi Pada Kelompok Tani Sri Mulyo Malang)

Adji Purnama Saputra, Mar gono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh budaya organisasi dan komunikasi terhadap kinerja anggota Kelompok Tani Sri Mulyo Malang, baik secara simultan  maupun parsial. Jenis peneltian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis

Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 65 responden yang di ambil dari populasi sebanyak 187 orang yang merupakan anggota dari Kelompok Tani Sri Mulyo Malang. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yag ada dalam populasi itu. Alat uji yag digunakan dalam untuk menguji instrument penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunanakan uji F dan uji t serta uji dominan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda.

Berdasarkan hasil dari penelitian dan pembahasan terhadap data yang ada, diperoleh temuan sebagai berikut :

  1. Variabel budaya organisasi (X1) dan komunikasi (X2) berpengaruh secara simultan terhadap kinerja anggota Kelompok Tani Sri Mulyo Malang. Artinya budaya organisasi dan komunikasi secara bersama-sama mempengaruhi kinerja anggota Kelompok Tani Sri Mulyo Malang.
  2. Variabel budaya organisasi (X1) secara persial tidak berpengaruh terhadap kinerja, artinya budaya organisasi tidak mempunyai cukup bukti untuk berpengaruh terhadap kinerja secara signifikan, sedangkan variabel komunikasi (X2) mempunyai pengaruh secara parsial terhadap kinerja anggota Kelompok Tani Sri Mulyo Malang.
  3. Variabel Komunikasi (X2) berpengaruh dominan terhadap kinerja anggota Kelompok Tani Sri Mulyo Malang

 

Kata Kunci : Budaya organisasi, komunikasi, dan kinerja

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.