STRATEGI BERTAHAN DI PASAR OLIGOPOLIS (STUDI DI XXX CAFE MALANG)

Ikrar Adina Panuntun, Asfi Manzilati

Abstract


Pasar dalam pengertian ilmu ekonomi adalah pertemuan permintaan dan penawaran. Secara teoritis ada dua kondisi ekstrem posisi perusahaan dalam pasar yaitu pasar persaingan sempurna dan monopoli. Kondisi tersebut jarang sekali terjadi, yang ada adalah kondisi peralihan  yaitu pasar persaingan monopolistik dan oligopoli.  Persaingan secara umum dapat didefinisikan dengan suatu kondisi dimana beberapa orang atau kelompok melakukan kompetisi untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan. Jenis industri yang ada sekarang ini sudah sangat banyak sekali,salah satunya adalah klub malam. Klub malam adalah jenis tempat istirahat yang buka pada waktu larut malam. Klub malam juga termasuk dalam industry kreatif karena klub malam adalah sebagai wadah berbagai seni pertunjukan untuk menampilkan keahlianya. Saat ini ada lima klub malam yang berada di Kota Malang, kelima klub malam yang ada adalah yang masih bisa bertahan hingga sekarang, sebelumnya juga telah ada banyak klub malam di Malang namun ahirnya harus tutup karena berbagai alasan.  Persaingan antar klub malam ini cenderung dalam persaingan pasar oligopoly.

Kata Kunci:Pasar, Persaingan, Klub Malam, Oligopoli

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.