Minat Individu Terhadap Penggunaan Mobile Banking: Pendekatan Modified Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Planned Behavior (TPB)

Thatit Mahendra, Grace Widijoko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat untuk menggunakan layanan mobile banking. Faktor-faktor yang memengaruhi minat individu untuk menggunakan  mobile banking dalam penelitian ini adalah persepsi kegunaan  (perceived usefulness), persepsi kemudahan penggunaan (perceived ease of use), sikap (attitude), norma subyektif (subjective norm)  dan  kontrol perilaku persepsian  (perceived behavioural control).  Penelitian ini merupakan pengembangan dari penelitian sebelumnya yang juga menggunakan model kombinasi TAM (Technology Acceptance Model) dan TPB (Theory of Planned Behavior). Penelitian ini dilakukan di Bank Mandiri Kota Malang dengan menggunakan metode survei.  Peneliti memperoleh respon sebanyak 217 orang nasabah Bank Mandiri yang menggunakan layanan mobile banking. Analisis dilakukan dengan menggunakan Software Smart PLS versi 2.0 M3.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi kegunaan, sikap, dan  kontrol perilaku persepsian memengaruhi minat individu menggunakan mobile banking. Sebaliknya, persepsi kemudahan penggunaan dan norma subjektif tidak memengaruhi minat individu untuk menggunakan mobile banking. Implikasi dari penelitian ini relevan bagi pihak managemen bank dan analis mobile banking agar memperhatikan kembali faktor –  faktor yang memengaruhi minat individu untuk menggunakan mobile banking dalam mengembangkan sistem informasinya.

Kata Kunci:  Mobile Banking,  TAM,  TPB,  Persepsi Kegunaan, Persepsi
Kemudahan Penggunaan, Sikap, Norma Subyektif dan Kontrol Perilaku Persepsian

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.