GAYA HIDUP, KELAS SOSIAL DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SEPATU IMPOR PADA KALANGAN MAHASISWA (Studi Pada Mahasiswa Dan Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang)

Karismajid Nur Laksana, Siti Aisjah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsep gaya hidup dan kelas sosial sebagai pertimbangan konsumen dalam keputusan pembelian produk sepatu impor pada kalangan mahasiswa dan mahasiswi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang, serta untuk mengetahui variabel mana yang mempunyai hubungan paling kuat dalam keputusan pembelian produk sepatu impor.  Sampel penelitian adalah sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode  probability sampling  yang digunakan adalah  Disproporsional Stratified Random Sampling  dimana pengambilan sampel dilakukan  untuk memperoleh sampel orang  yang memenuhi kriteria yang sudah ditentukan sebelumnya. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif.

Berdasarkan hasil dari penelitian dan pembahasan terhadap data yang ada,  diketahui bahwa variabel  aktivitas, minat, dan pendapatan  memiliki hubungan dan sebagai pertimbangan konsumen dalam  keputusan pembelian produk sepatu impor pada kalangan mahasiswa. Hasil  dari penelitian  juga menunjukkan bahwa  variabel  minat merupakan variabel yang  memiliki hubungan paling  paling kuat dan sebagai pertimbangan utama konsumen dalam keputusan pembelian produk sepatu impor pada kalangan mahasiswa dan mahasiswi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang

Kata Kunci:  Gaya Hidup, Kelas Sosial,  Aktivitas, Minat, Opini, Demografi, Pendapatan, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.