Desain Sistem Pembayaran Pajak Secara Online pada Badan Layanan Umum (Studi Kasus: Universitas Brawijaya Malang)

Asri Indika Sari, Helmy Adam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan pelayanan e-Tax yang dapat diintegrasi langsung dengan melaporkan Surat Pemberitahuan Elektronik (e-SPT) dalam prosedur pelayanan secara internal pada Universitas Brawijaya Malang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara dan pengamatan langsung di kantor Biro Administrasi Keuangan dan Perencanaan (BAKP) Universitas Brawijaya Malang. Selain itu teknik pengumpulan data juga dilakukan dengan teknik dokumentasi dan penggunaan literatur yang berhubungan dengan prosedur e-Tax.

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kelebihan  pelayanan e-Tax yang dapat diintegrasi langsung dengan melaporkan Surat Pemberitahuan Elektronik (e-SPT) dalam prosedur pelayanan secara internal pada Universitas Brawijaya Malang antara lain Bendahara Pengeluaran Universitas Brawijaya dapat mengakses transaksi setor pajak yang dilakukan oleh Bendahara Pengeluaran Pembantu Fakultas/Lembaga/Unit secara mudah dan transparan. Selain itu juga dapat mengurangi pencatatan ulang (retyping) Surat Setoran Pajak (SSP) yang dilakukan oleh Kepala Urusan Pajak dan Hutang untuk melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Masa. Tetapi, terdapat pula beberapa kelemahan dalam rekomendasi prosedur implementasi e-Tax yang dapat diintegrasi langsung dengan melaporkan Surat Pemberitahuan Elektronik (e-SPT) dalam prosedur pelayanan secara internal pada Universitas Brawijaya Malang, antara lain adanya payment point dari pihak Bank BNI dan fleksibilitas pembayaran uang pajak belum terjamin karena mesin ATM tidak dapat mendeteksi rekening penampungan yang disediakan oleh Bank BNI.

 

Kata Kunci: Sistem, administrasi perpajakan, e-Tax, pengendalian internal, prosedur e-Tax


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.