Pengaruh Modal, Tenaga Kerja, Dan Lama Usaha Terhadap Produksi Kerajinan Manik-manik kaca (Studi Kasus Sentra Industri Kecil Kerajinan Manik-Manik Kaca Desa Plumbon Gambng Kec. Gudo Kab. Jombang)

Endoy Dwi Yuda Lesmana, Mochammad Affandi

Abstract


Perkembangan sektor industri dari tahun ketahun terjadi peningkatan. Hal ini dipicu oleh permintaan yang terus bertambah baik pasar dalam negeri maupun pasar luar negeri. Seperangkat kebijakan, pameran, dan pelatihan telah dilakukan oleh Pemkot Jombang untuk menunjuang peningkatan volume produksi Manik-Manik Kaca. Sentra Industri Kerajinan Manik-Manik Kaca berusaha mempertahankan bahkan meningkatkan volume produksinya. Volume produksi output dipengaruhi oleh seberapa besar dan variasinya faktor produksi input yang digunakan.


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor produksi modal, tenaga kerja, dan lama usaha terhadap produksi Manik-Manik Kaca di Sentra Industri Kerajinan Manik-Manik Kaca dan untuk mengetahui variabel yang dominan. Teori yang digunakan sehubungan dengan faktor produksi yaitu teori produksi yang berkaitan dengan fungsi produksi. Teknik pengumpulan data berdasarkan wawancara dari Sentra Industri Kerajinan Manik-Manik Kaca.

Untuk mencapai tujuan, peneliti melakukan analisis regresi berganda yang ditransformasikan menggunakan model fungsi produksi Cobb-Douglas dengan alat bantu  software  SPSS 16.0. pengeruh variabel bebas terhadap variabel terikat dilakukan dengan uji F dan uji t dengan tingkat kepercayaan 95% (α = 0,05).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama faktor produksi modal, tenaga kerja, dan lama usaha berpengaruh signifikan terhadap produksi Manik-Manik Kaca. Sedangkan secara parsial faktor produksi modal, dan tenaga kerja berpengaruh terhadap produksi Manik-Manik Kaca, sedangkan lama usaha berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap produksi Manik-Manik Kaca dan variabel yang dominan mempengaruhi produksi Manik-Manik Kaca adalah tenaga kerja. Koefisien determinasi (R2) menunjukan bahwa variabel bebas yang diteliti mampu menjelaskan 91,2% terhadap produksi Manik-Manik Kaca dan sisanya sebesar 8,8% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti.    

Kata Kunci : Produksi, Modal, Tenaga Kerja, Lama Usaha


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.