Analisis Variabel-Variabel Yang Mempengaruhi Pendapatan Pekerja Wanita Di Sektor Formal (Studi Kasus PT. Pembangkitan Jawa-Bali Unit Pembangkitan Gresik)

Lindi Sumbogo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh usia, tingkat pendidikan, dan masa kerja terhadap  pendapatan pekerja wanita di PT. PJB UP Gresik, sehingga diperoleh hasil apakah ketiga  variabel tersebut yang telah ditetapkan selama ini dapat mempengaruhi pendapatan pekerja wanita atau tidak.selain itu juga untuk mengetahui seberapa besar kontribusi pendapatan responden terhadap pendapatan keluarga.

Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui 3 (tiga) cara, yaitu wawancara terhadap  narasumber, kuesioner serta dokumentasi.  Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 30 responden. Analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda, dengan tujuan untuk menegtahui pengaruh usia, tingkat  pendidkan,  dan  masa kerja  terhadap pendapatan pekerja wanita serta di PT. PJB UP Gresik. Variabel independen dalam penelitian ini adalah usia (X1), tingkat pendidikan (X2), dan masa kerja (X3), sedangkan variabel dependen adalah pendapatan pekerja wanita (Y). Hasil dari penelitian ini berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis yang dilakukan, yaitu variabel tingkat pendidikan (X2) dan masa kerja (X3) berpengaruh signifikan terhadap pendapatan pekerja wanita (Y). Hal ini berarti bahwa tingkat pendidikan dan masa kerja memberikan dampak yang besar dalam penentuan pendapatan pekerja wanita di PT. PJB UP Gresik. Selain itu besar kontribusi pendapatan responden terhadap pendapatan keluarga yaitu sebesar  68,05%. Jumlah kontribusi pendapatan responden yang melebihi setengah dari total pendapatan dikarenakan ada beberapa responden yang belum menikah dan hanya memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri.

Kata kunci : Usia, Tingkat Pendidikan, Masa Kerja, Pendapatan Pekerja Wanita


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.