Analisis Potensi Penerimaan Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan Sebagai Sumber Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Gresik

Indah Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui besarnya potensi penerimaan pajak mineral bukan logam dan batuan, efektifitas pajak mineral bukan logam dan batuan serta mengetahui  strategi terbaik yang harus dilakukan dalam mengoptimalkan penerimaan pajak mineral bukan logam dan batuan  di  Kabupaten Gresik.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode  deskriptif kuantitatif dengan mengambil sampel laporan keuangan kabupaten Gresik  tahun anggaran 2009-2013.  Adapun data-data yang diperlukan dalam penelitian ini  adalah  Data Primer dan Data Sekunder yang bersumber  dari Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) dan Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten Gresik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi penerimaan pajak mineral bukan logam dan batuan Kabupaten Gresik terus mengalami kenaikan di tiap tahunnya. Potensi penerimaan pajak mineral bukan logam dan batuan juga selalu lebih besar daripada realisasi penerimaa DPPKAD kecuali pada tahun 2013. Efektivitas pajak mineral bukan logam dan batuan Kabupaten Gresik berdasarkan target penerimaan rata-rata sangat efektif. Sedangkan efektivitas pajak mineral bukan logam dan batuan berdasarkan potensi penerimaan menunjukkan kurang efektif kecuali di tahun 2013 sangat efektif. Untuk  meningkatkan penerimaan pajak mineral bukan logam dan batuan, strategi yang harus dilakukan oleh DPPKAD Kabupaten Gresik adalah sosialisasi Perda kepada masyarakat, melakukan pengawasan dan  penegakan hukum kepada petugas pajak dan wajib pajak, penetapan target sesuai dengan potensi yang sebenarnya dan meningkatkan pembangunan.

Kata Kunci: Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan, Pendapatan Asli Daerah, Potensi Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.