ANALISIS FAKTOR-FAKTORYANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN ANGGOTA KOPERASI PETERNAKAN SAPI PERAH (Studi Kasus pada Anggota Koperasi “SAE” Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang)

Ahmad Wahyudi, M. Khusaini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan anggota koperasi peternakan sapi perah, studi kasus pada anggota koperasi “SAE” Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah pendapatan yang diterima oleh anggota koperasi “SAE” Pujon. Sementara, umur, jumlah tenaga kerja, kepemilikan lahan hijauan, kategori usaha, kepemilikan sapi laktasi dan dan pengalaman kerja merupakan variabel independen. Populasi berupa anggota koperasi “SAE” Pujon pada tiga area produksi potensial yaitu Sebaluh, Ngabab dan Jurangrejo. Sampel yang dipilih adalah anggota dengan pendapatan menengah ke atas. Hasil analisis regresi OLS menunjukan bahwa pada derajat keyakinan 95 persen, kepemilikan lahan hijauan, kategori usaha, kepemilikan sapi laktasi dan dan pengalaman kerja mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pendapatan anggota koperasi “SAE” Pujon. Sedangkan usia dan jumlah tenaga kerja tidak berpengaruh terhadap pendapatan anggota.

Kata kunci: Pendapatan, Anggota Koperasi “SAE” Pujon, Usia, Jumlah Tenaga Kerja, Kepemilikan Lahan Hijauan, Kategori Usaha, Kepemilikan Sapi Laktasi, Pengalaman Kerja


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.