Analisis Variabel-Variabel Yang Mempengaruhi Produktivitas Tenaga Kerja Wanita Pada Industri Tas (Studi Kasus Pada Tenaga Kerja Bagian Produksi (Jahit) Industri Tas UD. AGBIL Kec. Porong, Kab. Sidoarjo)

Yogy Prasetiyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh usia, masa kerja,  pelatihan,  dan jumlah tanggungan keluarga  terhadap produktivitas tenaga  kerja wanita di Industri Tas UD. AGBIL Kec. Porong, Kab. Sidoarjo  sehingga diperoleh hasil apakah keempat  variabel tersebut yang telah ditetapkan selama ini dapat  mempengaruhi produktivitas tenaga kerja  wanita atau tidak.
Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian  penjelasan  yang bertujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui 3 (tiga) cara, yaitu wawancara terhadap narasumber,  observasi  serta dokumentasi.  Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 34  responden. Analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda, dengan tujuan untuk menegtahui pengaruh usia, masa kerja,pelatihan,  dan  jumlah tanggungan keluargaterhadap produktivitas tenaga kerja wanita di Industri Tas UD. AGBIL Kec. Porong, Kab. Sidoarjo. Variabel independen dalam penelitian ini adalah usia (X1), masa kerja (X2),pelatihan (X3) dan jumlah tanggungan keluarga (X4), sedangkan variabel dependen adalah produktivitas tenaga  kerja wanita (Y). Hasil dari penelitian ini berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis yang dilakukan, yaitu variabel  usia (X1) masa kerja  (X2) dan pelatihan  (X3) berpengaruh signifikan terhadap produktivitas tenaga kerja wanita (Y). Hal ini berarti bahwa usia, masa kerja, dan pelatihan memberikan dampak yang besar dalam produktivitas tenaga kerja wanita di Industri Tas UD. AGBIL Kec. Porong, Kab. Sidoarjo.

Kata kunci : Usia, Masa Kerja, Pelatihan, Jumlah Tanggungan Keluarga.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.