Analisis Pengaruh Utang Luar Negeri, Penanaman Modal Asing (PMA), Dan Ekspor Terhadap Produk Domestik Bruto Indonesia Tahun 1998-2012

Moch. Damar Jaya

Abstract


Produk Domestik Bruto diciptakan oleh  faktor-faktor produksi yang berasal dari luar negeri.Perusahaan multinasional beroperasi di berbagai negara dan perusahaan multinasional tersebut menyediakan modal, teknologi dan tenaga ahli kepada negara di mana perusahaan itu beroperasi. Operasinya membantu menambah barang dan jasa yang diproduksikan di dalam negara, menambah penggunaan tenaga kerja  dan pendapatan serta sering sekali juga membantu meningkatkan ekspor. Namun pada kenyataanya peran faktor-faktor produksi yang diwujudkan dalam bentuk Utang  Luar Negeri dan Penanaman Modal Asing masih diragukan pengaruhnya dalam meningkatkan kinerja perekonomian.Hal itu dibuktikan dengan terjadinya peningkatan jumlah pengangguran terbuka selama tahun 2013.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Utang Luar Negeri, Penanaman Modal Asing, dan Ekspor terhadap Produk Domestik Bruto Indonesia tahun 1998 – 2012.Penelitian ini juga ingin mencari tahu faktor mana dari ketiga faktor diatas yang mempunyai pengaruh paling besar terhadap Produk Domestik Bruto Indonesia.
Pengumpulan data yang berkaitan dengan Utang Luar Negeri, Penanaman Modal Asing dan Ekspor serta Produk Domestik Bruto Indonesia di peroleh dari publikasi yang diterbitkan oleh BPS dan Bank Indonesia, adapun teknik yang digunakan untuk mengetahui variabel terikat di pengaruhi variabel bebas yaitu analisis regresi berganda. Uji F digunakan untuk mengetahui hasil hipotesis secara simultan antara variabel bebas terhadap variabel terikat, Sedangkan uji t digunakan pengujian secara parsial
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel Utang Luar Negeri, Penanaman Modal Asing, dan Ekspor berpengaruh signifikan terhadap Produk Domestik Bruto Indonesia, sedangkan secara parsial Utang Luar Negeri dan Ekspor berpengaruh positif dan signifikan terhadap Produk Domestik Bruto Indonesia. Sementara pengaruh Penanaman Modal Asing terhadap Produk Domestik Bruto Indonesia menunjukkan hasil yang negative dan signifikan.
Faktor yang memiliki  pengaruh paling besar terhadap peningkatan Produk Domestik Bruto indonesia  yaitu variabel Ekspor karena memiliki nilai koefesien determinasi paling besar dari pada nilai variabel Utang Luar Negeri Dan Penanaman Modal Asing.

Kata kunci : Utang Luar Negeri, Penanaman Modal Asing, Ekspor, PDB

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.