Perancangan Penilaian Kinerja dengan Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard pada Institusi Pendidikan (Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Lawang)

Kartika Wulandari, Noval Adib

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan rancangan penilaian kinerja pada institusi pendidikan dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan wawancara semi terstruktur. Analisis dilakukan dengan membandingkan pelaksanaan manajemen berbasis sekolah pada SMAN 1 Lawang dengan teori mengenai Balanced Scorecard untuk menentukan sasaran strategis dan indikator kinerja yang relevan dalam rancangan penilaian kinerja SMAN 1 Lawang dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sasaran strategis dari perspektif pelanggan adalah menciptakan kepuasan peserta didik sebagai pelanggan utama sekolah. Sasaran strategis dari perspektif keuangan adalah mewujudkan penggalangan dana yang memadai, melaksanaan anggaran dengan efektif, dan melaksanakan anggaran dengan efisien. Sasaran strategis dari perspektif proses internal adalah mendapatkan pemahaman atas peserta didik, melakukan inovasi, melaksanakan proses operasi dengan efektif, dan menjalin kerja sama kemitraan dengan perusahaan. Sasaran strategis dari perspektif pembelajaran dan pertumbuhan adalah memenuhi kebutuhan keterampilan sumber daya manusia di posisi strategis, mengukur pelatihan sumber daya manusia, serta mengukur kepuasan karyawan dan keselarasan motivasi SDM dengan visi sekolah.

 

Kata kunci:perancangan pengukuran kinerja, Balanced Scorecard, institusi pendidikan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.