PENGARUH KUALITAS LAYANAN, HARGA, DAN IKLAN KARTU SELULER INDOSAT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi pada mahasiswa Strata 1 Jurusan Manajemen Universitas Brawijaya Malang)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan dan harga kartu seluler Indosat terhadap keputusan pembelian konsumen, serta untuk menganalisis variabel iklan dalam memoderasi pengaruh kualitas layanan dan harga kartu seluler Indosat terhadap keputusan pembelian konsumen. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitas Layanan, Harga dan Iklan sebagai variabel independen dan Keputusan Pembelian sebagai variabel dependen. Sampel yang digunakan adalah 100 orang mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Brawijaya yang pernah atau sedang menggunakan kartu seluler Indosat yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam analisis regresi berganda didapatkan bahwa Kualitas Layanan (X1), Harga (X2), dan Iklan (X3) mempunyai pengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, sedangkan uji regresi dengan nilai selisih mutlak menunjukkan interaksi X1_X3 dan interaksi X2_X3 tidak signifikan yang berarti Iklan tidak memperkuat pengaruh Kualitas Layanan maupun Harga terhadap Keputusan Pembelian. Sedangkan nilai adjusted R square menunjukkan variabel Kualitas Layanan, Harga, Iklan, Interaksi Kualitas Layanan dan Iklan, serta Interaksi Harga dan Iklan mempengaruhi Keputusan Pembelian sebesar 40,6%. Berdasarkan hasil uji F didapatkan hasil Kualitas Layanan, Harga, Iklan, Interaksi Kualitas Layanan dan Iklan, serta Interaksi Harga dan Iklan secara serentak berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian. Sedangkan uji t, didapatkan hasil bahwa secara parsial variabel Kualitas Layanan, Harga, dan Iklan berpengaruh positif dan signifikan, Interaksi Kualitas Layanan dan Iklan tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan, sedangkan Interaksi Harga dan Iklan berpengaruh positif dan tidak signifikan.
Kata kunci : Kualitas Layanan, Harga, Iklan, Keputusan Pembelian
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.