PENGARUH PENGETAHUAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP PENGGUNAAN SISTEM ONLINE

Susanti Setia Sayekti, SE, Dr. Zaki Baridwan SE.,MSi.,Ak.

Abstract


Studi ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengetahuan dan kepercayaan seseorang dalam penggunaan sistem online. Studi ini juga menguji pengaruh pengetahuan, kecenderungan percaya dan persepsi integritas terhadap kepercayaan. Studi ini merupakan replkasi dari studi sebelumnya.

Studi ini menggunakan metode survey dalam pengambilan data. Sampel studi ini adalah masyarakat yang berdomisili di kota Malang dan pernah menggunakan internet untuk bertransaksi. Pengujian validitas dan reliabilitas menggunakan smartPLS. Sebanyak 229 data dapat diolah dengan menggunakan smartPLS

Hasil studi ini adalah pengetahuan dan persepsi integritas mempengaruhi kepercayaan. Dan pengetahuan serta kepercayaan mempengaruhi penggunaan sistem online untuk bertransaksi. Implikasi studi ini adalah vendor internet dapat memperbaiki model transaksi demi kenyamanan pelanggan. Dan pelanggan dapat menjadikan studi ini sebagai referensi pentingnya pengetahuan yang cukup atas model transaksi dan isu-isu terkait saat akan menggunakan sistem online untuk bertransaksi.

Kata Kunci : pengetahuan, kecenderungan kepercayaan, persepsi integritas, kepercayaan, dan penggunaan sistem online.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.