PENGARUH MATERIALISME, PRESTISE, DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA KAFE MEWAH DI KOTA MALANG

Fariz Pramadani, Ainur Rofiq

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh materialisme, prestise, dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian konsumen pada kafe mewah di Kota Malang.  Sampel penelitian adalah sebanyak 180 responden. Metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah  nonprobability sampling.  Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa uji validitas  dan  uji reliabilitas. Uji asumsi klasik  yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas  juga dilakukan sebagai persyaratan uji regresi. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan  hasil uji t pada analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  materialisme, prestise,  dan  kelompok referensi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada kafe mewah di Kota Malang.

Kata kunci:  materialisme, prestise, kelompok referensi, keputusan pembelian, kafe mewah.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.