PARTISIPASI KERJA PEREMPUAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (STUDI KASUS PADA KUD SUMBER MAKMUR KECAMATAN NGANTANG KABUPATEN MALANG 2013)

Biondi Perdana, Umar Wahyu Widodo

Abstract


Di Indonesia salah satu bentuk badan usaha yang banyak menyerap banyak tenaga kerja adalah pada sektor industri kecil. Perempuan berperan aktif dalam menyumbang tenaga kerja di sektor industri kecil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana variabel pendapatan suami, tanggungan keluarga, biaya hidup, dan pendapatan keluarga mempengaruhi partisipasi kerja perempuan di KUD Sumber Makmur Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan data pada tahun 2013. Untuk analisis data penelitian ini digunakan metode analisis regresi linier berganda dengan bantuan program Eviews. Variabel independent yang digunakan adalah pendapatan suami, tanggungan keluarga, biaya hidup, dan pendapatan keluarga. sedangkan variabel dependennya adalah partisipasi kerja perempuan.

Hasil analisis yang diperoleh dari penelitian ini adalah variabel tanggungan keluarga, biaya hidup, dan pendapatan keluarga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap partisipasi kerja perempuan, sedangkan variabel pendapatan suami tidak berpengaruh secara signifikan. Dari keempat variabel ini yang mempunyai pengaruh dominan adalah variabel tanggungan keluarga.

Kata Kunci: Partisipasi Kerja, Pendapatan, Tanggungan Keluarga, Biaya Hidup.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.