EVALUASI KINERJA KEUANGAN PADA KOPERASI WANITA PUNDI ARTA JAYA KARANGPLOSO PERIODE TAHUN 2011 – 2013

Mulyana Adhi Maulidah, Achmad Helmy Djawahir

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menilai kinerja keuangan Koperasi Wanita Pundi Arta Jaya Karangploso dari tahun ke tahun, dengan menggunakan laporan keuangan berupa neraca dan laporan laba/rugi periode tahun 2011 s.d. 2013. Salah satu teknik yang digunakan dalam menganalisis laporan keuangan adalah analisis rasio. Dalam melakukan penelitian ini Penulis menggunakan analisis rasio yaitu Rasio Likuiditas (Current Ratio, Quick Ratio), Rasio Solvabilitas (Total to Debt Equity Ratio, Total Assets to Total Debt Ratio), Rasio Profitabilitas (Return on Assets, Rentabilitas Modal Sendiri, Margin Laba bersih) dan Rasio Aktivitas (Inventory Turnover, Fixed Assets Turn Over).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja keuangan koperasi mengalami
perubahan. Hal ini disebabkan karena persediaan dan piutang yang perputarannya semakin lama, komponen aktiva memiliki komposisi piutang yang lebih besar dibandingkan modal didalam struktur pendanaan koperasi. Sehingga mengakibatkan laba yang dihasilkan dari tahun ke tahun memiliki peningkatan yang kecil, dan untuk lebih meningkatkan kinerja keuangan dapat disusun kebijakan mengenai penyeimbangan aktiva lancar, mempertahankan solvabilitas dan profabilitas berikut didalamnya program dan kegiatan guna menunjang kebijakan tersebut.

Kata Kunci   :  kinerja keuangan, rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio profitabilitas, rentabilitas modal sendiri, rasio aktivitas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.