ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA PT.HANJAYA MANDALA SAMPOERNA,tbk

Friston , S.E

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kinerja keuangan pada PT. Hanjaya Mandala Sampoerna,  Tbk.  ditinjau dari rasio likuiditas,  Leverage,  profitabilitas,  efisiensi  dan pasar. Dalam penelitian ini menggunakan analisis Time Series Analysis, dengan membandingkan rasio pada suatu periode tertentu dalam hal ini adalah laporan keuangan pada PT.  Hanjaya Mandala Sampoerna, Tbk. Analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan rasio:  1) Rasio Likuiditas. 2) Rasio Leverage 3) Rasio Profitabilitas 4) Rasio Efisiensi dan 5) Rasio Pasar dengan membandingkan perusahaan pesaing yaitu PT. Gudang Garam, Tbk. yang nantinya akan dibandingkan dengan rasio pasar yang beredar.  
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kinerja keuangan pada PT.  Hanjaya Mandala Sampoerna,  Tbk.  dengan menggunakan metode Time Series Analysis mulai tahun 2008 sampai 2013, apabila ditinjau dari rasio likuiditas yaitu meliputi Current Ratio (CR) dan Cash Ratio menunjukkan adanya adanya kinerja keuangan yang cukup baik. Hasil analisis rasio Leverage dalam hal ini adalah Debt Ratio menunjukkan adanya kinerja keuangan yang baik. Hasil analisis rasio profitabilitas (Profitability Ratio) dalam hal ini yaitu mengenai Net Profit Margin (NPM) menunjukkan adanya kinerja yang tidak baik dan  Return On Invesment  (ROI)  dan juga  Return On Equity  (ROE) menunjukkan adanya kinerja yang baik. Adapun hasil analisis rasio efisiensi dalam hal ini yaitu mengenai Total Asset  Turn Over  (TATO) menunjukkan adanya kinerja keuangan yang baik.  Sedangkan dari rasio pasar PT. HM. Sampoerna, Tbk. harus lebih dapat meningkatkan daya saing agar para calon/investor lebih tertarik dalam memutuskan menanamkan sahamnya.

Kata Kunci:   Rasio Likuiditas,  Rasio  Leverage, Rasio Profitabilitas (Profitability Ratio),  Rasio Efisiensi dan Rasio Pasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.