ANALISIS KETERKAITAN KARAKTERISTIK KEUANGAN PERBANKAN DENGAN AKTIVITAS DERIVATIFNYA (STUDI KASUSPERBANKAN US JENIS BANK KOMERSIAL)

Kurnia Dwi Sari Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik keuangan perbankan (total asset, nilai modal atau jumlah dari modal kepemilikan atau modal sendiri, pendapatan bunga bersih, surat utang juga wesel, pembayaran dividen, asset yang likuid, maturitas 12 bulan, nilai bersih dari kerugian berinvestasi dalam derivatif, dan dummy dealer) terhadap penggunaan derivatif bank-bank komersial di US sehingga diperoleh hasil apakah kesembilan variabel tersebut yang telah ditetapkan dapat mempengaruhi aktivitas derivatif perbankan atau tidak. Selanjutnya, agar mengetahui seberapa besar pengaruh ukuran bank dimana ukuran bank ditentukan berdasarkan total asetnya terhadap skala aktivitas derivatif bank-bank komersial.

Dalam penelitian ini, menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui Chicago Federal Reserve Bank’s.  Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 7188 bank. Analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan analisis regresi tobit atau limeted dependent variabel, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik keuangan bank terhadap penggunaan derivatifnya studi kasus bank-bank komersial US. Variabel independen dalam penelitian ini adalah total aset (X1), nilai modal atau jumlah dari modal kepemilikan atau modal sendiri (X2), pendapatan bunga bersih (X3), surat utang juga wesel (X4), pembayaran dividen (X5), asset yang likuid (X6), maturitas 12 bulan (X7), nilai bersih dari kerugian berinvestasi dalam derivatif (X8), dan dummy dealer (D3), sedangkan variabel dependen adalah rasio total derivatif bank terhadap total aset (Y). Hasil dari penelitian ini berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis yang dilakukan, yaitu variabel X1, X2, X5, X6, X8, dan D3 berpengaruh signifikan terhadap penggunaan derivatif bank (Y). Hal ini berarti bahwa besarnya total aset, modal, pembayaran dividen, aset-aset likuid, nilai bersih kerugian berinvestasi dalam derivatif, dan variabel dummy dealer memberikan dampak yang besar dalam penentuan jumlah penggunaan derivatif bank komersial di US. Selain itu, besar ukuran bank berpengaruh positif dengan signifikansi 100% terhadap transaksi derivatif perbankan. Terdapat perbedaan modal, surat utang juga wesel, pembayaran dividen, aset-aset likuid, dan eksposur kredit   antara bank kecil dan bank besar.

Kata Kunci: Bank, Derivatif


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.