ANALISIS DAMPAK PENENTUAN TARIF AIR PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) (Studi Pada PDAM Kabupaten Tulungagaung dan PDAM Kabupaten Malang)

Yana Anandasari

Abstract


Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) sebagai perusahaan yang dimiliki oleh Pemerintah Daerah (Pemda) yang mengemban dua misi yaitu sebagai penyedia layanan publik dan sebagai institusi bisnis yang berusaha  mendapatkan keuntungan (profit oriented). Salah satu indikator pengukuran kinerja PDAM dalam adalah aspek keuangan melalui laporan keuangan dapat dilihat kinerja keuangan perusahaan yang berkaitan erat dengan optimalisasi pelayanan PDAM kepada masyarakat dan menjadi cerminan dari kinerja teknis serta kinerja administrasi perusahaan.

Penelitian ini bertujuan menganalisisi penentuan tarif air yang dilakukan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Cahya Agung Kabupaten Tulungagung  dan PDAM Kabupaten Malang dan membandingkan kinerja keuangan kedua Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan pendekatan diskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan  Penetapan besaran tarif air PDAM berpedoman padaPermendagri No. 23 Tahun 2006 tentang pedoman teknis dan tata cara pengaturan tarif air minum padaPerusahaan Daerah Air Minum adalah tarif air PDAM Tirta Cahya Agung Kabupaten Tulungagungsebesar Rp 2.500 per m3 dan tarif air PDAM Kabupaten Malang sebesar Rp 1.500 per m3.Hasil perbandingan kinerja aspek keuangan PDAM Kabupaten Malang dikatakan lebih baik dari PDAM Kabupaten Tulungagung dengan nilai Current Ratio, Profit Margin dan Retrun On Investmen  (ROI) yang lebih tinggi dibanding PDAM Kabupaten Tulungagung  dan  nilai  Operating Ratio  PDAM Kabuapten Malang lebih rendah dari pada PDAM Kabupaten Tulungagung

Kata Kunci : Tarif Air, kinerja Keuangan, Balance Scorecard, PDAM


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.