PENGARUH PEMAHAMAN TENTANG PAJAK, PELAYANAN PEMBAYARAN PAJAK DAN MODERNISASI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DI KABUPATEN TULUNGAGUNG

Bimanda Yuswandono, Kus pandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui pengaruh pemahaman perpajakan terhadap kepatuhan Wajib Pajak dalam membayar pajak. 2) Untuk mengetahui pengaruh pelayanan pembayaran pajak terhadap kepatuhan Wajib Pajak dan 3) Untuk mengetahui pengaruh modernisasi perpajakan terhadap kepatuhan Wajib Pajak.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif, yaitu variabel-variabel yang diamati dapat diidentifikasikan dan hubungan antar variabel dapat diukur. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi berganda.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan tentang pemahaman perpajakan terhadap kepatuhan Wajib Pajak dalam membayar pajak. 2) Terdapat pengaruh signifikan untuk pelayanan pembayaran pajak terhadap kepatuhan Wajib Pajak dan 3) Terdapat pengaruh signifikan untuk modernisasi perpajakan terhadap kepatuhan Wajib Pajak.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.