ANALISIS VARIABEL YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT USAHA MIKRO KECIL (UMK) PROGRAM KEMITRAAN PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA TBK AREA MALANG
Abstract
Jumlah Usaha Mikro Kecil (UMK) mengalami peningkatan dikarenakan sektor ini mempunyai peluang pasar yang besar terutama untuk kalangan menengah ke bawah. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memberikan bantuan kredit kepada UMK melalui program kemitraan agar UMK dapat terus berkembang. Program kemitraan ini adalah pemberian pinjaman dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) dengan tingkat bunga flat per tahunnya sebesar enam persen. Program kemitraan dilaksanakan oleh perusahaan milik BUMN termasuk PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel tingkat pendidikan, lama usaha, pengalaman pinjaman, besar aset usaha, omset penjualan, dan nilai agunan terhadap keputusan pemberian kredit UMK pada program kemitraan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk Area Malang. Seluruh populasi penelitian yaitu sebanyak 76 mitra binaan digunakan sebagai sampel penelitian. Sumber data penelitian adalah data sekunder. Metode analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima variabel (tingkat pendidikan, lama usaha, pengalaman pinjaman, besar aset usaha, dan nilai agunan) yang berpengaruh signifikan dan memiliki hubungan yang positif. Sedangkan variabel yang berpengaruh signifikan dan memiliki hubungan yang negatif adalah omset penjualan.
Kata Kunci : Usaha Mikro Kecil, Corporate Social Responsibility, Program Kemitraan, Keputusan Pemberian Kredit
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.