PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL PADA SHOWROOM HARTONO MOTOR MALANG

Puji Astuti Mardiati, Yusuf Risanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel bauran pemasaran yang meliputi produk/product, harga/price, distribusi/place dan promosi/promotion secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian pada Showroom Hartono Motor Malang serta untuk mengetahui diantara variabel bauran pemasaran yang meliputi produk/product, harga/price, distribusi/place dan promosi/promotion yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian pada Showroom Hartono Motor Malang.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang melakukan transaksi pada Showroom Hartono Motor Malang. Berdasarkan data yang diperoleh diketahui jika jumlah konsumen yang melakukan transaksi selama satu tahun di Showroom Hartono Motor Malang sebanyak 215 konsumen. Jumlah sampel ditentukan sebanyak 43 responden (20% dari jumlah populasi) dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah alat analisis regresi berganda dengan uji asumsi klasik yang meliputi heterokedastisitas, multikolinieritas, autokorelasi serta normalitas.

Hasil pengujian hipotesis I diketahui jika nilai F hitung (62,147) lebih besar dari nilai F table (2,619) serta nilai Sig F (0,000) di bawah nilai Sig 0,05 menunjukkan jika variabel-variabel produk/product, harga/price, distribusi/place dan promosi/promotion secara simultan mempunyai pengaruh yang siginifikan terhadap keputusan pembelian pada Showroom Hartono Motor Malang.

Hasil pengujian hipotesis II diketahui nilai t hitung masing-masing variabel bebas lebih besar dari nilai t tabel dan nilai Sig t nya di bawah nilai sig 0,05 yang menunjukkan jika variabel-variabel produk/product, harga/price, distribusi/place dan promosi/ promotion secara parsial mempunyai pengaruh yang siginifikan terhadap keputusan pembelian pada Showroom Hartono Motor Malang.

Hasil pengujian hipotesis III disimpulkan bahwa variabel produk/product berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian pada Showroom Hartono Motor Malang. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan jika model regresi bebas dari masalah heterokedastisitas, multikolinieritas, autokorelasi serta memenuhi asumsi normalitas.

Kata kunci:   bauran pemasaran, produk/product, harga/price, distribusi/place dan promosi/promotion, keputusan pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.