PENGARUH STRES KERJA DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PERHUTANI PLYWOOD INDUSTRY DI KABUPATEN KEDIRI JAWA TIMUR

Maria Graciana Yudith Tallo, Achmad Sudiro

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh stres kerja dan kompensasi terhadap kinerja karyawan pada Perhutani Plywood Industry di Kabupaten Kediri Jawa Timur. Jenis penelian yang digunakan adalah penelitian explanatory research untuk mengkaji pengarug stres kerja (X1) dan kompensasi (X2) terhadap variabel dependen yaitu kinerja karyawan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Sedangkan dalam penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Samplingg, dan populasi dalam penelitian ini adalah karyawan pada Perhutani Plywood Industry di Kabupaten Kediri Jawa Timur dengan jumlah sampel sebanyak 75 karyawan. Uji t dapat diketahui bahwa stres kerja dan kompensasi berpengaruh secara parsial terhadap kinerja karyawan dimana:

  1. Stres kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan
  2. Kompensasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan

Sedangkan uji dominan dari data SPSS dapat diketahui bahwa variabel yang dominan adalah variabel kompensasi dengan nilai koefisien regresi sebesar 2,75. Hubungan antara variabel independen terhadap variabel dependen sebanyak 76%. Besarnya kontribusi seluruh variabel independen terhadap variabel dependen yang diterangkan dalam nilai koefisien (R2) sebesar 0,566 sumbangan variabel yang diteliti terhadap kinerja karyawan sebesar 56,6% dan sisanya 43,4% merupakan faktor lain  yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian.

Kata kunci: Stres kerja, Kompensasi, Kinerja Karyawan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.