ANALISIS BIAYA DAN MANFAAT PUBLIK TERHADAP PENEBANGAN LIAR BKPH DANDER (Studi Kasus Dusun Pilangrejo Desa Dander Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro)

Meigy Kiswantoro, Maryuna ni

Abstract


Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa biaya penebangan liar lebih besar dari pada manfaat penebangan liar yang dilakukan masyarakat. Manfaat yang diterima oleh masyarakat dari penebangan liar adalah pertambahan pendapatan dan alih fungsi lahan hutan, sementara biaya yang ditimbulkan akibat penebangan liar adalah hilangnya sharing hasil hutan, perubahan iklim, dan kerusakan pemandangan. Dampak yang terjadi akibat penebangan liar ada tiga: yang pertama dampak ekonomi berupa kerugian negara dalam bentuk financial dan kesempatan memanfaatkan dimasa mendatang. Sedangkan yang kedua dampak sosial berupa munculnya sikap kurang bertanggung jawab yang dikarenakan adanya perubahan nilai yang terjadi di masyarakat yang tidak bisa membedakan hal baik dan buruk. Dan dampak yang ketiga adalah dampak lingkungan berupa kerusakan ekosistem, kerusakan habitan dan lain sebagainya.

Implikasi penebangan liar yang terjadi di Dusun Pilangrejo Desa Dander Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro adalah hilangnya sharing hasil hutan, perubahan iklim dan kerusakan pemandangan. Dan juga penebangan liar bertentangan dengan konsep pembangunan berkelanjutan.

Kata Kunci : penebangan liar, biaya dan manfaat, dampak.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.