REAKSI PASAR ATAS PUBLIKASI SUSTAINABILITY REPORT (Studi pada Perusahaan Pertambangan BUMN Go Public yang Mempublikasikan Sustainability Report Tahun 2011-2013)

Nur Laili Azizah, Harlen dro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui reaksi pasar modal atas peristiwa publikasi sustainability report sebagai bentuk laporan dan pertanggungjawaban kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan oleh perusahaan pertambangan dengan status Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Reaksi pasar modal dalam penelitian ini dicerminkan dari nilai rata-rata abnormal return dan trading volume activity. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah event study (studi peristiwa) dengan menggunakan uji beda sampel berpasangan yaitu paired sample t-test. Populasi yang digunakan adalah perusahaan pertambangan status BUMN go public yang mempublikasikan sutainability report berturut-turut tahun 2011-2013. Menggunakan metode sampling jenuh, maka diperoleh sampel penelitian sebanyak 2 perusahaan.

Waktu periode pengamatan yang digunakan adalah 11 hari terdiri atas 5 hari sebelum, 1 hari saat, dan 5 hari sesudah publikasi sustainability report dilakukan tahun 2011-2013. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum tidak terdapat perbedaan pada abnormal return dan trading volume activity periode sebelum, saat, dan sesudah publikasi sustainability report pada pertambangan BUMN selama tahun 2011-2013. Hasil ini menunjukkan bahwa pengungkapan CSR dalam bentuk sustainability report belum menjadi bahan pertimbangan pengambilan keputusan oleh investor ketika akan berinvestasi terhadap sekuritas sehingga tidak terjadi reaksi pasar dengan bukti tidak adanya perbedaan abnormal return dan trading volume activity periode sebelum, saat, dan sesudah publikasi.

Kata Kunci     : sustainability report, abnormal return, trading volume activity, event study, pertambangan BUMN.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.