PENGARUH RELIGIUSITAS, PRODUK BANK, KEPERCAYAAN, PENGETAHUAN, DAN PELAYANAN TERHADAP PREFERENSI MENABUNG PADA PERBANKAN SYARIAH (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang)

Alfi Muflikhah Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas, produk bank, kepercayaan, pengetahuan, dan pelayanan terhadap preferensi menabung pada perbankan syariah. Penelitian ini menggunakan sampel 50 responden mahasiswa muslim Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang yang menjadi nasabah perbankan syariah. Data yang dikumpulkan menggunakan kuisioner dengan skala likert. Data di uji menggunakan uji validitas dan reliabilitas dilakukan dengan menggunakan IBM SPSS 22.0. Dan untuk mengetahui pengaruh religiusitas, produk bank, kepercayaan, pengetahuan, dan pelayanan terhadap preferensi menabung pada perbankan syariah digunakan analisis faktor dengan dibantu alat uji IBM SPSS 22.0. Hasil analisis faktor menunjukan pengaruh religiusitas terhadap preferensi utama menabung pada perbankan syariah adalah kepatuhan agama.Pengaruh produk bank terhadap preferensi utama menabung pada perbankan syariah adalah produk yang inovatif.Pengaruh kepercayaan terhadap preferensi utama menabung pada perbankan syariah adalah kemudahan bertransaksi.Pengaruh pengetahuan terhadap preferensi utama menabung pada perbankan syariah adalah pengetahuan ilmiah.Dan pengaruh pelayanan terhadap preferensi utama menabung pada perbankan syariah adalah penggunaan fasilitas yang mudah.

Kata Kunci : Perbankan Syariah, Preferensi Menabung, Religiusitas, Produk Bank, Kepercayaan, Pengetahuan, Pelayanan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.