FORMULASI STRATEGI BERSAING PADA UD. PELITA MAS

Salman Al Farizi, Sudjat no

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi yang tepat untuk digunakan oleh UD. Pelita Mas dalam menghadapi persaingan antar produsen genteng beton.  Penelitian ini adalah  penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha untuk menuturkan pemecahan yang ada sekarang dengan menyajikan data, menganalisis data, dan menginterpretasikannya. Penelitian meliputi aspek lingkungan internal maupun eksternal perusahaan, sehingga dari situ akan ditemukan peluang, hambatan, kekuatan dan kelemahan perusahaan dalam menghadapi pesaing. Sedangkan alat analisis yang digunakan adalah Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks SWOT, Matriks CPM, dan Matriks QSPM. Hasil penelitian yang yang telah dilakukan menunjukkan strategi yang tepat untuk diterapkan pada UD. Pelita Mas adalah strategi agresif yang terdiri dari kombinasi antara penetrasi pasar dan pengembangan produk.

Kata Kunci : Strategi, Bersaing, Lingkungan internal, Lingkungan Eksternal, SWOT, CPM, QSPM.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.