PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN (STUDI PADA DIVISI ACCOUNT OFFICER BANK RAKYAT INDONESIA CABANG MALANG KAWI)

Agil Winedhar Sih Pamenang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial kepuasan kerja yang terdiri dari kepuasan kerja intrinsik dan ekstrinsik terhadap prestasi kerja karyawan divisi Account Officer (AO) PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Malang Kawi. Metode penelitian yang digunakan adalah explanatory. Untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap prestasi kerja digunakan uji F untuk mengetahui pengaruhnya secara simultan dan uji t untuk mengetahui pengaruhnya secara parsial. Sedangkan untuk mengetahui mengetahui variabel yang berpengaruh secara dominan terhadap prestasi kerja adalah dengan melihat nilai dari standardized coefficient beta dalam analisis yang sama.

Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS 17 for Windows, diketahui bahwa kepuasan kerja yang terdiri dari faktor-faktor kepuasan kerja intrinsik dan ekstrinsik berpengaruh terhadap prestasi kerja, baik secara simultan maupun parsial. Dan variabel yang memiliki pengaruh yang dominan terhadap prestasi kerja adalah variabel kepuasan kerja ekstrinsik.

Kata kunci : kepuasan, kepuasan intrinsik, kepuasan ekstrinsik, prestasi kerja karyawan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.