PENGARUH PENERAPAN EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN ARMOR KOPI MALANG

Ulinnuha Imam Muhtar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh experiential marketing terhadap loyalitas pelanggan Armor Kopi Malang. Penelitian ini merupakan penelitian explanatory reseacrh. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah  non probability dengan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 90 responden yang merupakan konsumen Armor Kopi Malang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif yang berupa hasil dan skala dalam kuisioner. Penelitian ini menggunakan model regresi linier berganda dalam melakukan uji hipotesis. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji hipotesis secara simultan dan hipotesis secara parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel sense, feel, think, act dan relate secara bersama-sama mempengaruhi variabel dependennya yaitu loyalitas pelanggan. Sedangkan hasil uji parsial (uji t) menunjukkan semua variabel independennya (sense, feel, think, act dan relate) berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini menunjukkan bahwa apabila responden dapat merasakan variabel sense saat mengunjungi Armor Kopi Malang, maka responden akan berniat untuk kembali lagi mengunjungi Armor Kopi Malang. Apabila Armor Kopi Malang meningkatkan variabel sense maka semakin meningkat pula loyalitas pelanggan. Hal yang sama juga berlaku untuk varibel independen lainnya, apabila feel, think, act dan relate semakin meningkat maka semakin meningkat pula loyalitas pelanggan yang berkunjung ke Armor Kopi Malang.

Kata Kunci : Experiential marketing, Sense, Feel, Think, Act, Relate, Loyalitas Pelanggan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.