Dampak Penerapan Kebijakan Loan To Value Terhadap Reaksi Pasar Modal Di Bursa Efek Indonesia (BEI): Sebuah Pendekatan Event Study

Viktoria Nofrida Rame Bei, Shof wan

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode Event Study yang bertujuan untuk menganalisis dampak penerapan kebijakan Loan To Value (LTV) terhadap reaksi pasar modal di Bursa Efek Indonesia (BEI) khususnya pada saham perusahaan perbankan dan perusahaan properti, dengan menggunakan indikator abnormal return dan trading volume activity (TVA).  
Berdasarkan hasil uji beda bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata abnormal return dan trading volume activity (TVA) saham perbankan pada periode seputar penerapan kebijakan Loan To Value (LTV). Sedangkan pada saham properti terdapat perbedaan signifikan rata-rata abnormal return dan trading volume activity (TVA) pada periode sebelum saat dan saat-setelah, sedangkan pada periode sebelum dan sesudah tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan kebijakan Loan To Value (LTV) tidak menimbulakn reaksi pasar terhadap saham perbankan sedangkan pada saham properti terdapat rekasi pasar yang sesaat dan tidak berkepanjangan.  

Kata kunci: Event Study, Kebijakan Loan To Value, Abnormal Return, Trading Volume Activity


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.