Analisis Perlakuan Akuntansi Aset Tetap pada Pabrik Gula berdasarkan PSAK 16 (Studi Kasus pada PTPN XI)

Nurul Qamaril Ramadhani, Rizka Fitriasari

Abstract


PTPN XI merupakan salah satu perusahaan manufaktur yang menghasilkan

produk utama yaitu gula dan tetes. Aktivitas utama produksi gula ini melibatkan berbagai aset tetap perusahaan. Hal tersebut mengakibatkan aset tetap merupakan kelompok aset yang memiliki nilai terbesar dalam laporan keuangan perusahaan. Akibatnya, apabila terjadi ketidaksesuaian dalam perlakuan akuntansinya akan menimbulkan salah saji yang cukup material.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan  bagaimana  perlakuan  akuntansi  aset  tetap  perusahaan berdasarkan PSAK 16. Penelitian ini juga dimaksudkan untuk memberikan solusi apabila terjadi ketidaksesuaian dalam penerapannya. Data yang diperoleh dalam penelitian  ini  adalah  melalui  dokumentasi,  studi  pustaka,  wawancara  dan observasi.

Secara keseluruhan, perusahaan telah menerapkan PSAK 16 dalam perlakuan akuntansi aset tetapnya. Kesalahan terjadi dalam klasifikasi  beberapa transaksi terkait perolehan, pengakuan penghapusan aset dan penilaian saat melakukan impairment. Ketidaksesuaian utama terjadi karena adanya ketidaksesuaian metode penyusutan dengan pola konsumsi pada beberapa aset.

 

Kata kunci : Aset tetap, PTPN XI, PSAK 16.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.