PENGARUH POSITIONING TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SMARTFREN

John Sebastian Sirait

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variable-variabel positioning secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan konsumen SMARTFREN. Variable dari positioning terdiri dari posisi menurut atribut produk, posisi menurut manfaat, posisi menurut penggunaan/penerapan, posisi menurut pemakai, posisi menurut pesaing, posisi menurut kategori produk, dan posisi menurut harga.

Penelitian ini termasuk jenis explanatory research. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yakni menjelaskan hubungan dan pengaruh beberapa variable yang telah ditetapkan. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa/I Universitas Brawijaya Malang dengan sampel sebanyak 80 responden. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variable terikat (positioning) terhadap variable bebas (kepuasan konsumen) digunakan analisis regresi berganda, analisa uji t, dan uji F. Demi mendapatkan hasil regresi yang baik, sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas terlebih dahulu. Setelah itu digunakan uji asumsi klasik, yakni uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas.

Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh secara simultan dengan ditunjukkan pada hasil Sig. F adalah 0,000. Sedangkan pengaruh secara parsial ditunjukkan dengan posisi menurut atribut (X1) Sig. t = 0,021 , posisi menurut manfaat (X2) Sig. t = 0,048, posisi menurut penggunaan/penerapan (X3) Sig. t = 0,044, posisi menurut pemakai (X4) Sig. t = 0,010, posisi menurut pesaing (X5) Sig. t = 0, 005, posisi menurut kategori produk (X6) Sig. t = 0, 004, dan posisi menurut harga (X7) Sig. t = 0,032.

Pada standardized coefficient beta nilai paling tinggi adalah posisi menurut pemakai (X4) sebesar 0,216. Ini menunjukkan variable yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada penelitian ini.

Kata kunci : positioning, kepuasan konsumen, SMARTFREN

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.