PENGARUH PELATIHAN TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN (STUDI PADA PT. INDOPRIMA GEMILANG SURABAYA)

Rhesa Prasetya Redianto, Achmad Sudiro

Abstract


Salah satu cara yang dilakukan organisasi dalam menghadapi persaingan yaitu dengan memberdayakan dan menggali seluruh potensi SDM yang dimilikinya itu secara maksimal. Salah satu upaya pembinaan dan pengembangan sumberdaya manusia guna meningkatkan prestasi kerja karyawan adalah melalui pelatihan. Pelatihan merupakan suatu usaha yang terencana dari organisasi untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan kemampuan karyawan. Pelaksanaan pelatihan diadakan untuk dapat meningkatkan kemampuan dan kemajuan tenaga kerja, dimana karyawan akan dapat meningkatkan prestasi kerja.

Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel Tujuan dan Sasaran Pelatihan, Para Pelatih, Materi Latihan, Metode Pelatihan, dan Peserta Pelatihan secara simultan terhadap Prestasi Kerja Karyawan di PT. Indoprima Gemilang Surabaya serta untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel Tujuan dan Sasaran Pelatihan, Para Pelatih, Materi Latihan, Metode Pelatihan, dan Peserta Pelatihan secara parsial terhadap Prestasi Kerja Karyawan di PT. Indoprima Gemilang Surabaya.

Jenis penelitian ini adalah penelitian explanatory. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Indoprima Gemilang Surabaya, yaitu sebanyak 1.549 orang karyawan. Jumlah sampel ditetapkan dengan rumus Slovin yaitu sebanyak 94 responden, dengan teknik pengambilan sampel secara proposional simple random sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, analisis deskriptif,  analisis regresi linier berganda (Uji F, uji t),  dan uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heteroskedastisitas dan uji multikolinearitas).

Hasil hipotesis I menunjukkan apabila variabel Tujuan dan Sasaran Pelatihan (X1), Para Pelatih (X2), Materi Latihan (X3), Metode    Pelatihan (X4) dan Peserta Pelatihan (X5) secara simultan (bersama-sama) berpengaruh signifikan terhadap Prestasi Kerja Karyawan (Y) PT. Indoprima Gemilang Surabaya dan hasil hipotesis II menunjukkan apabila variabel Tujuan dan Sasaran Pelatihan (X1), Para Pelatih (X2), Materi Latihan (X3), Metode    Pelatihan (X4) dan Peserta Pelatihan (X5) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Prestasi Kerja Karyawan (Y) PT. Indoprima Gemilang Surabaya.

Kata kunci: Pelatihan, Prestasi Kerja Karyawan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.