PERUMUSAN STRATEGI BERSAING PT PETROSIDA GRESIK DALAM PENGEMBANGAN PRODUK PESTISIDA

Arsyil Alim Esya, Bayu Ilham Pradana

Abstract


PT Petrosida Gresik merupakan perusahaan yang bergerak di bidang agroindustri yang memproduksi pestisida. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apakah yang cocok digunakan PT Petrosida Gresik untuk bersaing dalam industri pestisida di Indonesia. Persaingan industri pestisida yang semakin   ketat   saat   ini   menyebabkan   perlunya   perumusan   strategi   yang berdasarkan analisis lingkungan untuk mengetahui peluang, ancaman, kekuatan, dan kelemahan perusahaan. Analisis lingkungan dilakukan melalui penilaian eksternal yang meliputi aspek ekonomi; sosial, budaya, demografis, dan lingkungan; politik, pemerintahan, dan hukum; teknologi dan persaingan industri. Sedangkan aspek internal yang dinilai adalah manajemen; pemasaran; keuangan; produksi;  penelitian  dan  pengembangan;  dan  sistem  informasi  manajemen. Faktor-faktor eksternal dan internal tersebut dianalisis melalui tiga tahap. Tahap pertama yaitu tahap masukan menggunakan alat analisis Matriks IFE, Matriks EFE, dan Matriks CPM. Tahap kedua yaitu tahap pencocokan menggunakan alat analisis Matriks SWOT, Matriks SPACE, dan Matriks IE. Tahap ketiga yaitu tahap keputusan menggunakan QSPM.

 

Pada tahap masukan, hasil analisis Matriks EFE menunjukkan total skor bobot 3,00 dengan masing-masing nilai peluang 1,28 dan nilai ancaman 1,72. Analisis matriks IFE menunjukkan total skor bobot 2,61 dengan masing-masing nilai kekuatan 2,14 dan kelemahan 0,47. Analisis matriks CPM menunjukkan posisi bersaing PT Petrosida Gresik yang berada di bawah PT Syngenta Indonesia dan di atas PT Petrokimia Kayaku. Pada tahap pencocokan, hasil analisis IE dan SPACE menunjukkan strategi alternatif integrasi ke belakang, integrasi ke depan, dan integrasi horizontal, penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk dengan didukung strategi ST dari hasil analisis Matriks SWOT. Analisis QSPM pada tahap keputusan menunjukkan PT Petrosida Gresik harus lebih mengutamakan strategi penetrasi pasar daripada strategi pengembangan produk.

 

Kata  kunci:  Perumusan  Strategi,  Matriks  IFE,  Matriks  EFE,  Matriks  CPM, Matriks SWOT, Matriks SPACE, Matriks IE, dan QSPM.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.