AUDIT KEPATUHAN ATAS PEMASARAN PUPUK BERSUBSIDI BERDASARKAN PERATURAN MENTERI PERDAGANGAN DAN PERATURAN MENTERI PERTANIAN (Studi Kasus pada PT Pupuk Kalimantan Timur)

Muhammad Erlangga Wicaksono, Bambang Hariadi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji implementasi, pemasalahan serta tindak lanjut atas kepatuhan dari peraturan Menteri Perdagangan dan peraturan Menteri Pertanian atas pemasaran pupuk bersubsidi pada PT Pupuk Kalimantan Timur. Metode penelitian dalam skripsi ini adalah studi kasus dengan metode deskriptif. Data yang diperoleh dengan cara wawancara, dokumentasi dan observasi. Penetapan kepatuhan pemasaran dianalisis dan dievaluasi dengan membandingkan antara criteria, causes, dan effect serta pemberian rekomendasi. Berdasarkan audit kepatuhan yang telah dilakukan disimpulkan bahwa PT Pupuk Kalimantan Timur telah patuh atas peraturan menteri perdagangan dan peraturan menteri pertanian untuk wilayah Jawa Timur. Akan tetapi masih terdapat tindakan yang biasa menyebabkan ketidakpatuhan yang dilakukan oleh distributor serta pengecer yang memerlukan pengawasan dari PT Pupuk Kalimantan Timur.

 

Kata Kunci: Audit kepatuhan, pemasaran, pupuk bersubsidi, peraturan menteri perdagangan dan peraturan menteri pertanian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.