Pengaruh Servicescape Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Kafe Ria Djenaka Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh servicescape terhadap
loyalitas konsumen pada Kafe Ria Djenaka Malang. Jenis penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal
antara variabel-variabel penelitian melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini
menggunakan sampel sebanyak 100 sampel yang diambil dari populasi konsumen
Kafe Ria Djenaka Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah
purposive sampling. Alat uji instrumen penelitian yang digunakan adalah uji
validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis dengan menggunakan uji
F dan uji t. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil dari penelitian dan pembahasan yang ada, diperoleh temuan bahwa
ambient conditions dan design factors berpengaruh positif signifikan terhadap
loyalitas konsumen. Artinya, kedua variabel tersebut merupakan faktor yang
berpengaruh terhadap loyalitas konsumen pada Kafe Ria Djenaka Malang. Variabel
staff behavior tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Artinya,
variabel tersebut belum cukup bukti memiliki pengaruh yang nyata terhadap loyalitas
konsumen. Adapun variabel ambient conditions memiliki pengaruh dominan terhadap
loyalitas konsumen. Hal ini menunjukkan bahwa semakin besar tingkat ambient
conditions yang dimiliki Kafe Ria Djenaka, maka semakin besar pula tingkat loyalitas
konsumen pada Kafe Ria Djenaka.
Kata Kunci: Servicescape, Ambient Conditions, Design Factors, Staff Behavior,
Loyalitas Konsumen
loyalitas konsumen pada Kafe Ria Djenaka Malang. Jenis penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal
antara variabel-variabel penelitian melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini
menggunakan sampel sebanyak 100 sampel yang diambil dari populasi konsumen
Kafe Ria Djenaka Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah
purposive sampling. Alat uji instrumen penelitian yang digunakan adalah uji
validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis dengan menggunakan uji
F dan uji t. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil dari penelitian dan pembahasan yang ada, diperoleh temuan bahwa
ambient conditions dan design factors berpengaruh positif signifikan terhadap
loyalitas konsumen. Artinya, kedua variabel tersebut merupakan faktor yang
berpengaruh terhadap loyalitas konsumen pada Kafe Ria Djenaka Malang. Variabel
staff behavior tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Artinya,
variabel tersebut belum cukup bukti memiliki pengaruh yang nyata terhadap loyalitas
konsumen. Adapun variabel ambient conditions memiliki pengaruh dominan terhadap
loyalitas konsumen. Hal ini menunjukkan bahwa semakin besar tingkat ambient
conditions yang dimiliki Kafe Ria Djenaka, maka semakin besar pula tingkat loyalitas
konsumen pada Kafe Ria Djenaka.
Kata Kunci: Servicescape, Ambient Conditions, Design Factors, Staff Behavior,
Loyalitas Konsumen
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.