Pengaruh Servicescape Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Kafe Ria Djenaka Malang)

Mira Farina Kusuma Dewi, Yusuf Risanto

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  servicescape  terhadap
loyalitas konsumen pada Kafe Ria Djenaka Malang. Jenis penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal
antara  variabel-variabel  penelitian  melalui  pengujian  hipotesis.  Penelitian  ini
menggunakan  sampel  sebanyak  100  sampel  yang  diambil  dari  populasi  konsumen
Kafe  Ria  Djenaka  Malang.  Teknik  pengambilan  sampel  yang  digunakan  adalah
purposive  sampling.  Alat  uji  instrumen  penelitian  yang  digunakan  adalah  uji
validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis dengan menggunakan uji
F dan uji t. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil dari penelitian dan pembahasan yang ada, diperoleh temuan bahwa
ambient  conditions  dan  design  factors  berpengaruh  positif  signifikan  terhadap
loyalitas  konsumen.  Artinya,  kedua  variabel  tersebut  merupakan  faktor  yang
berpengaruh  terhadap  loyalitas konsumen pada Kafe Ria Djenaka Malang. Variabel
staff  behavior  tidak  berpengaruh  signifikan  terhadap  loyalitas  konsumen.  Artinya,
variabel tersebut belum cukup bukti memiliki pengaruh yang nyata terhadap loyalitas
konsumen. Adapun variabel ambient conditions memiliki pengaruh dominan terhadap
loyalitas  konsumen.  Hal  ini  menunjukkan  bahwa  semakin  besar  tingkat  ambient
conditions yang dimiliki Kafe Ria Djenaka, maka semakin besar pula tingkat loyalitas
konsumen pada Kafe Ria Djenaka.

Kata  Kunci:  Servicescape,  Ambient  Conditions,  Design  Factors,  Staff  Behavior,
Loyalitas Konsumen

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.