PENGARUH STRESS KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. TIKI JNE (Jalur Nugraha Ekakurir) CABANG MALANG

Shinta Amelia Purwarini, Lily Hendrasti Novadjaja

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari stress kerja yang terdiri dari variabel individual stressor dan organizational stressor secara simultan maupun parsial, serta untuk mengetahui variabel yang dominan berpengaruh terhadap kinerja karyawan PT. TIKI JNE (Jalur Nugraha Ekakurir) Cabang Malang.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research (penjelasan) atau dikenal juga sebagai pengujian hipotesis untuk mengetahui tinggi rendahnya stress kerja dengan variabel bebas individual stressor (X1) dan organizational stressor (X2) terhadap variabel terikat kinerja karyawan (Y). Dalam penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 64 orang dari 180 orang. Jumlah sampel tersebut diperoleh dengan menggunakan rumus Slovin, sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 64 responden. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji multikolineritas, dan uji heteroskedastisitas. Kemudian untuk pengujian hipotesis digunakan uji F, uji t, dan uji dominan.

Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa stress kerja dengan variabel Individual Stressor (X1) dan Organizational Stressor (X2) secara simultan berpengaruh pada Kinerja Karyawan (Y). Secara parsial didapat hasil untuk variabel Individual Stressor (X1) berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan (Y), sedangkan variabel Organizational Stressor (X2) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan (Y). Dari kedua variabel bebas tersebut yang memiliki pengaruh dominan terhadap Kinerja Karyawan (Y) yaitu variabel Individual Stressor (X1). Kemudian, dilihat dari nilai Adjusted R Square menunjukkan besarnya pengaruh antar variabel sebesar 0,100 yang berarti terdapat pengaruh antara variabel Individual Stressor (X1)dan Organizational Stressor (X2) terhadap Kinerja Karyawan (Y) sebesar 10% sedangkan sisanya 90% dijelaskan oleh variabel yang tidak terdeteksi dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Kinerja, Kinerja Karyawan, Stress Kerja.

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.