ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PEDAGANG SEMBAKO DI PASAR BESAR KOTA MALANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variabel-variabel yang berpengaruh terhadap
pendapatan pedagang sembako di Pasar Besar Kota Malang. Penelitian ini dilakukan kepada
seluruh pedagang sembako di Pasar Besar Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini menggunakan kuisioner yang dibagikan kepada seluruh responden. Populasi yang digunakan
dalam penelitian ini ialah seluruh pedagang sembako di Pasar Besar Malang yang berjumlah 43
pedagang. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan bantuan program
SPSS 15. Variabel bebas dalam penelitian ini dalah modal kerja (X1), jam kerja (X2), lama usaha
(X3), dan lokasi bedak (X4). Sedangkan variabel terikatnya adalah pendapatan pedagang sembako
(Y). Hasil penelitan menunjukkan bahwa variabel modal kerja (X1), jam kerja (X2), lama usaha
(X3), dan lokasi bedak (X4) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap pendapatan
pedagang sembako di Pasar Besar Malang. Selanjutnya, variabel-variabel yang signifikan secara
parsial (individu) mempengaruhi pendapatan pedagang sembako di Pasar Besar Malang ialah
seluruh variabel bebas, yaitu: modal kerja (X1), jam kerja (X2), lama usaha (X3), dan lokasi bedak
(X4).
Kata Kunci: pendapatan pedagang, modal kerja, jam kerja, lokasi bedak
pendapatan pedagang sembako di Pasar Besar Kota Malang. Penelitian ini dilakukan kepada
seluruh pedagang sembako di Pasar Besar Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini menggunakan kuisioner yang dibagikan kepada seluruh responden. Populasi yang digunakan
dalam penelitian ini ialah seluruh pedagang sembako di Pasar Besar Malang yang berjumlah 43
pedagang. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan bantuan program
SPSS 15. Variabel bebas dalam penelitian ini dalah modal kerja (X1), jam kerja (X2), lama usaha
(X3), dan lokasi bedak (X4). Sedangkan variabel terikatnya adalah pendapatan pedagang sembako
(Y). Hasil penelitan menunjukkan bahwa variabel modal kerja (X1), jam kerja (X2), lama usaha
(X3), dan lokasi bedak (X4) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap pendapatan
pedagang sembako di Pasar Besar Malang. Selanjutnya, variabel-variabel yang signifikan secara
parsial (individu) mempengaruhi pendapatan pedagang sembako di Pasar Besar Malang ialah
seluruh variabel bebas, yaitu: modal kerja (X1), jam kerja (X2), lama usaha (X3), dan lokasi bedak
(X4).
Kata Kunci: pendapatan pedagang, modal kerja, jam kerja, lokasi bedak
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.