ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN KOSMETIK DAN BARANG KEPERLUAN RUMAH TANGGA YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2009-2013

Puput Anggrenia, Harlendro SE.MM

Abstract


Industri  merupakan  salah  satu  sektor  yang  memiliki  peranan  penting  dalam  pembangunan  suatu negara. Salah satu industri yang ada di Indonesia dan produknya memiliki banyak peminat adalah industri barang konsumsi dengan spesifikasi kosmetik dan barang keperluan rumah tangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja perusahaan industri barang konsumsi terutama kosmetik dan barang keperluan rumah tangga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2013 dengan menggunakan analisis rasio keuangan dan untuk mengetahui perusahaan mana yang memiliki kinerja yang lebh baik. Rasio keuangan yang digunakan adalah rasio likuiditas (Current Ratio dan Quick Ratio), rasio leverage (Long Term Debt to Total Assets Ratio dan Long Term Debt to Equity Ratio), rasio profitabilitas (Return on Assets dan Return on Equity), dan rasio aktivitas (Total Assets Turn Over Ratio, Inventory Turn Over Ratio, Receivable Turn Over Ratio). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan kosmetik dan barang keperluan rumah tangga yang terdaftar di BEI periode tahun 2009-2013 yang berjumlah 4(empat) perusahaan, yaitu PT. Martina Berto, Tbk (MBTO), PT. Mustika Ratu, Tbk. (MRAT), PT. Mandom Indonesia, Tbk. (TCID), PT. Unilever Indonesia, Tbk. (UNVR). Namun dikarenakan PT. Martina Berto Tbk merupakan perusahaan yang baru saja mendaftarkan perusahaannya pada 13 Januari 2011, maka sampel dari penelitian ini, adalah PT. Mustika Ratu, Tbk. (MRAT), PT. Mandom Indonesia, Tbk. (TCID), dan PT. Unilever Indonesia, Tbk. (UNVR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Unilever Indonesia Tbk memiliki profitabilitas dan pertumbuhan penjualan  serta laba bersih  yang baik  bila dibandingkan  dengan  PT.  Mustika Ratu  Tbk  dan juga PT. Mandom Indonesia Tbk. Sementara dalam hal leverage dan likuiditasnya, PT. Mustika Ratu Tbk memiliki kinerja yang lebih bagus jika dibandingkan dengan PT. Mandom Indonesia Tbk dan juga PT. Unilever Indonesia Tbk.

 

Kata kunci : Rasio Keuangan, Kinerja Perusahaan, Rasio Likuiditas, Rasio Leverage, Rasio Profitabilitas, Rasio Aktivitas


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.