PENGARUH BUDAYA INDIVIDUALISME, PERSEPSI HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PADA KONSUMEN INDOMARET DI KALANGAN MAHASISWA (Studi pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang)

Setiawan Aditomo, Dian Ari Nugroho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan Pembelian Impulsif di Indomaret khususnya konsumen Indomaret di kalangan mahasiswa. Variabel independen yang diteliti yaitu; Budaya Individualisme, Persepsi Harga, dan Promosi, dengan variabel dependen yaitu Pembelian Impulsif pada Konsumen Indomaret di Kota Malang.

Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 155 responden yang diambil dari Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang yang mayoritas pernah melakukan pembelian di Indomaret Kota Malang. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas dan uji reliabilitas. Seadangkan metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis regresi liner berganda terdapat pengaruh simultan dan parsial antara variabel-variabel bebas yang terdiri dari Budaya Individualisme, Persepsi Harga, dan Promosi terhadap variabel terikat yaitu Pembelian Impulsif. Variabel yang paling dominan mempengaruhi Pembelian Impulsif adalah variabel Budaya Individualisme dengan koefisien sebesar 0,369. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,669, artinya seluruh variabel penelitian yang mempunyai pengaruh terhadap Pembelian Impulsif mempunyai kontribusi secara bersama-sama sebesar 66,9% terhadap variabel dependen yakni Pembelian Impulsif. Sisanya 33,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak masuk dalam penelitian. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung dari semua variabel memiliki nilai lebih besar daripada t tabel. Dari hasil keseluruhan dapat disimpulkan bahwa variabel bebas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Pembelian Impulsif secara simultan dan parsial.

 

Kata Kunci : Pembelian Impulsif, Budaya Individualisme, Persepsi Harga, Promosi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.