PENGARUH DANA PIHAK KETIGA, NON PERFORMING FINANCING, GOOD CORPORATE GOVERNANCE, RETURN ON ASSET, DAN CAPITAL ADEQUACY RATIO, TERHADAP DEBT FINANCING (Studi Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia)

Yhunas Adi Gularso, Marlina Ekawaty

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh dari Dana Pihak Ketiga, Non Performing Financing, Good Corporate Governance, Return On Asset, dan Capital Adiquacy Ratio terhadap produk debt financing yang disalurkan oleh bank umum syariah di Indonesia. Periode penelitian dimulai dari tahun 2010 hingga tahun 2013,  bank yang menjadi sampel sebanyak 9 bank dari populasi 11 bank dengan metode  purposive sampling. Teknik analisis data mengggunakan analisis regresi data panel. Hasil regresi data panel menyebutkan bahwa NPF, GCG, ROA, CAR memiliki pengaruh namun tidak signifikan, hal tersebut disebabkan  dari sisi NPF, bank syariah telah mampu menerapkan prinsip kehati-hatian dalam  melakukan penyaluran debt financing sehingga pengaruh naik turunnya NPF terhadap debt financing tidak terlihat secara signifikan, kemudian dari sisi GCG disebabkan tolok ukur dalam penilaian tersebut bukan ditujukan kepada masyarakat yang mengajukan pembiayaan melainkan menjadi tolok ukur investor sehingga naik turunnya komposit GCG memberikan pengaruh yang tidak signifikan, dari sisi ROA karena peningkatan profitabilitas dalam mengelola dana yang dihimpun tidak dialami oleh setiap bank dan setiap tahun sehingga pengaruh ROA terhadap debt financing tidak cukup besar,  dan dari sisi CAR diduga karena modal tersebut digunakan untuk meng-cover risiko pembiayaan dan juga mengindikasikan bahwa bank mampu mengelola modalnya untuk aktivitas produktif yakni pembiayaan meskipun pengaruhnya tidak cukup besar. Berbeda dengan  DPK yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap penyaluran debt financing. Hal ini mengindikasikan bahwa Bank Umum Syariah (BUS) telah memanfaatkan dana yang dihimpun dari masyarakat untuk disalurkan kembali pada masyarakat dalam bentuk produk Debt Financing.

 

Kata kunci: Dana Pihak Ketiga (DPK), Non performing Financing (NPF), Good Corporate Governance (GCG), Return On Asset (ROA), Capital Adequacy Ratio (CAR), Debt Financing

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.