PENGARUH PERSONAL SELLING DAN PUBLIC RELATIONS TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MEMILIH PRODUK KREDIT MULTI GUNA ( STUDI PADA PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA TIMUR TBK. CABANG KEDIRI )

Yunita Putri Susanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola hubungan dengan mengetahui pengaruh langsung  personal selling  dan  public  relations terhadap keputusan nasabah memilih produk (KMG) di PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. Cabang Kediri.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatory  research. Data yang dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala Likert. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Seluruh data di analisis dengan menggunakan program SPSS versi 16 for windows.
Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 275 nasabah yang menggunakan KMG di kota dan Kabupaten Kediri. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan probability sampling yaitu suatu elemen populasi memiliki peluang yang diketahui untuk terpilih sebagai subyek dalam sampel. Hasil penelitian ini dengan menggunakan analisis regresi linear berganda, menunjukkan bahwa adanya pengaruh secara simultan variabel  personal selling (X1) dan  public relations  (X2). Hasil penelitian ini juga menunjukkan adanya pengaruh parsial antara variabel  personal selling  (X1) sebesar  0,226 dan  public relations (X2) sebesar 0,204.

Kata Kunci :  Personal Selling, Public Relations,  Keputusan Nasabah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.