Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Fertilitas Wanita Pekerja Di Kelurahan Purwoasri Kecamatan Singosari Kabupaten Malang

Rahmi Muqsithah

Abstract


Masalah utama yang dihadapi oleh negara yang sedang berkembang termasuk Indonesia tidak hanya masalah ekonomi yang terbelenggu dalam tatanan  lingkungan ekonomi dunia yang cenderung merugikan. Sebagian besar negara sedang berkembang juga mengalami permasalahan pertumbuhan penduduk yang sangat cepat. Secara bersamaan dalam dua dasawarsa terakhir ini pula telah terjadi perubahan ciri-ciri demografis penduduk dunia, antara lain berupa penambahan jumlah, perubahan struktur dan komposisi penduduk. Sebagaimana diketahui perubahan angka pertumbuhan penduduk disebabkan oleh unsur-unsur fertilitas. Fertilitas atau kelahiran merupakan salah satu faktor penambah jumlah penduduk disamping migrasi. Apabila angka fertilitas lebih besar daripada angka mortalitas, maka pertumbuhan penduduk menjadi positif maka otomatis jumlah penduduk akan lebih banyak. Begitu juga dengan migrasi, apabila nilai migrasi masuk lebih besar daripada nilai migrasi keluar, maka pertumbuhan penduduk menjadi positif. Jumlah kelahiran setiap tahun di Indonesia masih besar, jumlah bayi yang lahir setelah tahun 2000 masih tetap banyak jumlahnya tiap-tiap tahun jumlah kelahiran bayi di Indonesia mencapai sekitar 4,5 juta bayi hal tersebutlah yang menyebabkan ledakan pertumbuhan penduduk yang tinggi di Indonesia.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh  pendapatan keluarga, pendidikan responden, pendidikan suami, usia kawin pertama, lama penggunaan alat kontrasepsi terhadap fertilitas wanita pekerja di Kelurahan Purwoasri Kecamatan SingosariKabupaten  Malang, baik secara parsial maupun secara bersama-sama.  Penelitian ini menggunakan  model regresi linier berganda dengan metode OLS (Ordinary Least Square) dan menggunakan aplikasi software SPSS 16 .  Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat pengaruh yang negatif  dan signifikan antara pendapatan  keluarga, pendidikan responden,pendidikan suami, usia kawin pertama dan  lama penggunaan alat kontrasepsi terhadap fertilitas wanita pekerja di Kelurahan Purwoasri Kecamatan Singosari Kabupaten Malang.

Kata kunci: Pendapatan Keluarga, Pendidikan Responden,Pendidikan Suami, Usia Kawin Pertama, Lama Penggunaan Alat Kontraseps,Fertilitas.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.