PENGARUH SIKAP, NORMA SUBJEKTIF, DAN KONTROL PERILAKU TERHADAP INTENSI BERHENTI MEROKOK SEBAGAI DAMPAK PERATURAN GAMBAR PERINGATAN Pada Mahasiswa Strata Satu di Kota Malang

Lely Putri Permatasari, Nadiyah Hirfiyana Rosita

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  dan  menganalisis  pengaruh  sikap,  norma subjektif, dan kontrol perilaku terhadap intensi berhenti merokok pada mahasiswa di Kota Malang sebagai dampak peraturan gambar peringatan pada kemasan rokok. Peneilitian ini  menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah non probability sampling jenis systematic random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan skala model Likert yang mengukur variabel independen (sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku) dan variabel dependen (intensi berhenti merokok). Sampel yang  digunakan  berjumlah  110  responden  mahasiswa  di  Kota  Malang  yang  merokok  dan mengetahui peraturan gambar peringatan pada kemasan rokok.

Berdasarkan  hasil  yang  diperoleh  dari  analisis  regresi  berganda  menggunakan  software SPSS, dalam pengujian secara simultan, variabel sikap (X1), norma subjektif (X2), dan kontrol perilaku (X3)   berpengaruh secara signifikan terhadap intensi berhenti merokok sebagai dampak peraturan  gambar  peringatan.  Berdasarkan  uji  dominan,  variabel  kontrol  perilaku  memiliki koefisien Beta sebesar 0,387. Artinya variabel kontrol perilaku memiliki pengaruh paling tinggi terhadap intensi berhenti merokok dibandingkan dengan variabel yang lain. Variabel sikap memiliki koefisien Beta 0,277 sehingga memiliki pengaruh signifikan terhadap intensi berhenti merokok, sedangkan  variabel  norma  subjektif  tidak  berpengaruh  secara  signifikan.  Pada  penelitian  ini diketahui nilai R Square sebesar 0,453 atau   45,3%. Artinya variabel Intensi berhenti merokok (Y)dijelaskan sebesar 45,3% oleh variabel Sikap   (X1), Norma Subjektif (X2)   dan  Kontrol Perilaku (X3). Sedangkan  sisanya sebesar 54,7% dijelaskan oleh variabel lain di luar persamaan regresi atau yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci:  Sikap,   Norma   Subjektif,   Kontrol   Perilaku,   Intensi   Berhenti   Merokok, Peraturan Gambar Peringatan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.