Analisis Pegaruh Kinerja Keuangan Pemerintah Terhadap Kemiskinan (Studi Pada Kabupaten dan Kota Provinsi Jawa Timur 2011-2013)

Niken Ning Tias

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan pemerintah daerah terhadap kemiskinan di Kabupaten dan Kota Provinsi Jawa Timur  tahun 2011-2013. Kinerja keuangan daerah  sebagai variabel independen  pada penelitian ini diukur menggunakan  rasio kemandirian daerah, rasio efektivitas PAD, rasio efisiensi dan  rasio keserasian belanja modal. Berdasarkan tujuan tersebut, metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan pendekatan Random Effect Model (REM). Hasil yang diperoleh pada penelitian menunjukan bahwa kinerja keuangan daerah berpengaruh signifikan terhadap kemiskinan. Kemandirian daerah dan keserasian belanja modal  berpengaruh secara negatif  terhadap kemiskinan,  efektivitas PAD berpengaruh secara positif terhadap kemiskinan dan  efisiensi  keuangan  tidak berpengaruh terhadap kemiskinan.

Kata Kunci: Kinerja Keuangan, Kemandirian Daerah, Efektivitas PAD, Efisiensi Keuangan, Keserasian Belanja Modal, Kemiskinan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.