PENGARUH STRES KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN DIMEDIASI KEMAMPUAN KERJA PADA PT. KALTIM MULTI BOGA UTAMA (KMBU) BONTANG

Siti Zulaikha, Achmad Sudiro

Abstract


Penelitian ini dilakukan di PT Kaltim Multi Boga Utama (KMBU) Bontang, Kalimantan Timur. Dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh stres kerja terhadap kemampuan kerja, pengaruh kemampuan kerja terhadap prestasi kerja karyawan, pengaruh stres kerja terhadap prestasi kerja karyawan, dan pengaruh stres kerja terhadap prestasi kerja karyawan dimediasi kemampuan kerja. Rancangan penelitian ini menggunakan explanatory research. Populasi penelitian ini adalah karyawan di  PT Kaltim Multi Boga Utama (KMBU) Bontang, Kalimantan Timur. Sampel yang digunakan adalah 121 responden. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner diukur dengan skala Likert, sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis jalur untuk mengetahui pengaruh stres kerja terhadap prestasi kerja karyawan dimediasi kemampuan kerja PT Kaltim Multi Boga Utama (KMBU) Bontang, Kalimantan Timur.

Hasil penelitian ini adalah: (1) Stres Kerja berpengaruh signifikan negatif terhadap Kemampuan Kerja, (2) Kemampuan Kerja berpengaruh signifikan terhadap Prestasi Kerja Karyawan, (3) Stres Kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap Prestasi Kerja Karyawan, (4) Stres Kerja berpengaruh signifikan negatif terhadap Prestasi Kerja Karyawan dimediasi Kemampan Kerja PT Kaltim Multi Boga Utama (KMBU) Bontang, Kalimantan Timur. Hal ini menunjukkan bahwa PT Kaltim Multi Boga Utama (KMBU) Bontang, Kalimantan Timur telah mengelola stres kerja dengan baik sebagai cara untuk meningkatkan kemampuan kerja dan prestasi kerja karyawan.

 

Kata kunci: Stres Kerja, Kemampuan Kerja, Prestasi Kerja Karyawan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.