ANALISIS VARIABEL YANG MEMPENGARUHI LAMA MENCARI KERJA LULUSAN FAKULTAS EKONOMI STRATA PERTAMA (Studi Kasus pada Lulusan Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang dan Universitas Muhammadiyah Malang)

Ajeng Sekar Krisanti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh upah, jenis lapangan pekerjaan, jenis kelamin, lama studi, keterampilan dan umur dari para lulusan Fakultas Ekonomi yang berasal dari tiga universitas yakni Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang dan Universitas Muhammadiyah Malang terhadap lama mencari kerja lulusan, Untuk mengetahui lama mencari kerja ketiga lulusan perguruan tinggi, dan mengetahui apakah terdapat perbedaan lama mencari kerja dari tiga lulusan perguruan tinggi tersebut.

 

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan mengguanakan data primer, yakni berupa kuisioner melalui bantuan media jasa internet yakni e-mail. Metode Analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis deskriptif dan regresi linear berganda dengan metode OLS (Ordinary Least Square). Pengujian secara parsial digunakan uji t-statistik dan pengujian secara serempak digunakan uji F-statistik. Selain itu dilakukan uji beda untuk mengetahui perbedaan lama mencari kerja dari ketiga lulusan, dan juga menggunakan uji asumsi klasik, dimana seluruh pengujian menggunakan alat bantu berupa program SPSS 13.

 

Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan lama mencari kerja dari ketiga lulusan perguruan tinggi, Variabel upah memiliki pengaruh yang positif dan tidak signifikan terhadap lama mencari kerja, variable jenis lapangan pekerjaan memiliki pengaruh yang positif dan tidak signifikan terhadap lama mencari kerja, variable jenis kelamin memiliki pengaruh yang negative dan tidak signifikan terhadap lama mencari kerja, variable keterampilan memiliki pengaruh yang negative dan signifikan terhadap lama mencari kerja, variable lama studi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap lama mencari kerja dan variable umur memiliki pengaruh yang negative dan tidak signifikan terhadap lama mencari kerja lulusan.

 

Kata kunci : pengangguran terdidik, lama mencari kerja lulusan, upah, jenis lapangan pekerjaan, jenis  kelamin, lama studi, keterampilan, umur.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.